web analytics

Bagaimana Cara Mengetahui Apakah Kartu Jaringan Telah Terdeteksi Windows

Mengetahui Apakah Kartu Jaringan Telah Terdeteksi Windows

Assalamualaykum Sobat PortalTekno, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mengetahui apakah kartu jaringan telah terdeteksi windows. Kartu jaringan merupakan salah satu perangkat penting yang digunakan untuk mengakses jaringan internet. Kartu jaringan juga dikenal dengan sebutan NIC (Network Interface Card) atau LAN Card. Sebelum kita dapat terhubung dengan internet, kita perlu memastikan bahwa kartu jaringan telah terdeteksi oleh sistem operasi windows. Namun, bagi sebagian orang, mengetahui apakah kartu jaringan telah terdeteksi oleh windows bisa menjadi hal yang membingungkan. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas cara-cara untuk mengetahui apakah kartu jaringan telah terdeteksi oleh windows. Yuk, simak artikelnya!

Cara Mengetahui Apakah Kartu Jaringan Telah Terdeteksi Windows

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui apakah kartu jaringan telah terdeteksi oleh windows. Berikut adalah beberapa cara yang dapat sobat lakukan:

1. Melalui Device Manager

Sobat dapat mengecek apakah kartu jaringan telah terdeteksi oleh windows melalui Device Manager. Caranya adalah sebagai berikut:

– Buka Device Manager dengan cara menekan tombol Windows + R pada keyboard, kemudian ketikkan “devmgmt.msc” pada kotak Run dan tekan Enter.

– Setelah Device Manager terbuka, cari kategori Network Adapters. Klik tanda panah kecil di sebelah kategori tersebut untuk melihat daftar kartu jaringan yang terpasang pada komputer sobat.

– Jika terdapat kartu jaringan pada daftar tersebut, maka artinya kartu jaringan telah terdeteksi oleh windows.

TRENDING🔥  Cara Instal Printer Canon MP287 di Windows 7

2. Melalui Command Prompt

Sobat juga dapat mengecek apakah kartu jaringan telah terdeteksi oleh windows melalui Command Prompt. Caranya adalah sebagai berikut:

– Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R pada keyboard, kemudian ketikkan “cmd” pada kotak Run dan tekan Enter.

– Setelah Command Prompt terbuka, ketikkan perintah “ipconfig” pada baris perintah.

– Kemudian, cari adapter yang sedang digunakan. Jika terdapat informasi seperti “Ethernet adapter Local Area Connection” atau “Wireless LAN adapter Wi-Fi”, artinya kartu jaringan telah terdeteksi oleh windows.

3. Melalui Network and Sharing Center

Sobat juga dapat mengecek apakah kartu jaringan telah terdeteksi oleh windows melalui Network and Sharing Center. Caranya adalah sebagai berikut:

– Klik kanan ikon jaringan pada taskbar, kemudian pilih Open Network and Sharing Center.

– Pada jendela Network and Sharing Center, cari bagian View your active networks.

– Jika terdapat informasi seperti “Connections: Ethernet” atau “Connections: Wi-Fi”, artinya kartu jaringan telah terdeteksi oleh windows.

Penutup

Demikianlah beberapa cara untuk mengetahui apakah kartu jaringan telah terdeteksi oleh windows. Sobat dapat menggunakan salah satu cara di atas untuk memastikan apakah kartu jaringan sobat telah terdeteksi atau belum. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi kartu jaringan dan memperbarui driver kartu jaringan secara berkala agar dapat menikmati koneksi internet yang stabil dan lancar. Semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat semua. Terima kasih telah membaca artikel ini!

PortalTekno – Solusi Teknologi Terkini

Related video of Bagaimana Cara Mengetahui Apakah Kartu Jaringan Telah Terdeteksi Windows