web analytics

Cara Instal Asterisk di VirtualBox untuk Pemula

Cara Instal Asterisk Di Virtualbox Untuk PemulaSource: bing.com
Assalamualaikum Sobat PortalTekno,Jika kamu sedang belajar tentang VoIP atau Voice over Internet Protocol, pasti sudah tidak asing dengan Asterisk. Asterisk adalah software open source yang digunakan untuk membuat PBX atau Private Branch Exchange. Namun, untuk menginstal Asterisk membutuhkan beberapa tahapan yang cukup rumit. Tidak perlu khawatir, pada artikel ini akan dijelaskan cara instal Asterisk di VirtualBox dengan mudah.

Kenapa Harus Menggunakan VirtualBox?

Sebelum membahas cara instal Asterisk, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu mengenai VirtualBox. VirtualBox adalah software virtualisasi yang memungkinkan kamu untuk menjalankan sistem operasi lain di dalam sistem operasi utama. Dengan menggunakan VirtualBox, kamu bisa mencoba berbagai sistem operasi tanpa harus menghapus sistem operasi utama yang sudah terpasang di PC atau laptop kamu.

Langkah Pertama: Siapkan VirtualBox dan Unduh Asterisk

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh VirtualBox dan Asterisk. VirtualBox bisa kamu unduh secara gratis di website resminya, sedangkan Asterisk bisa kamu unduh di website resmi Asterisk.Setelah undoeh VirtualBox, kamu bisa langsung menginstallnya di PC atau laptop kamu. Setelah VirtualBox terpasang, kamu bisa membuat virtual machine baru di VirtualBox dengan mengikuti langkah-langkah yang ada di dalamnya. Setelah membuat virtual machine baru, kamu bisa mengunduh dan menginstall sistem operasi yang kamu inginkan di dalam virtual machine tersebut.Setelah sistem operasi terpasang di dalam virtual machine, kamu bisa mengunduh dan menginstall Asterisk. Pastikan kamu mengunduh Asterisk yang sesuai dengan sistem operasi yang kamu gunakan di dalam virtual machine.

Langkah Kedua: Konfigurasi Asterisk

Setelah Asterisk terpasang, kamu harus melakukan konfigurasi agar Asterisk bisa berjalan dengan baik. Pertama-tama, kamu harus membuat file konfigurasi Asterisk dengan nama asterisk.conf di dalam direktori /etc/asterisk/.Selanjutnya, kamu harus membuat file konfigurasi exten.conf di dalam direktori /etc/asterisk/. File ini berisi konfigurasi untuk ekstensi yang akan digunakan di dalam Asterisk.Setelah itu, kamu harus membuat file konfigurasi sip.conf di dalam direktori /etc/asterisk/. File ini berisi konfigurasi untuk protokol SIP yang akan digunakan di dalam Asterisk.Terakhir, kamu harus membuat file konfigurasi extensions.conf di dalam direktori /etc/asterisk/. File ini berisi konfigurasi untuk panggilan telepon yang akan masuk dan keluar dari Asterisk.

TRENDING🔥  Cara Menghilangkan Bercak Putih di HP

Langkah Ketiga: Uji Coba Asterisk

Setelah kamu selesai melakukan konfigurasi Asterisk, kamu bisa mencoba untuk menguji Asterisk dengan melakukan panggilan telepon dari virtual machine ke virtual machine lainnya atau ke PC atau laptop lainnya.Pastikan kamu sudah mengkonfigurasi ekstensi dan protokol SIP dengan benar agar panggilan telepon bisa dilakukan dengan baik.

Kesimpulan

Menginstal Asterisk di VirtualBox memang membutuhkan beberapa tahapan yang cukup rumit, namun dengan mengikuti langkah-langkah di atas kamu bisa menginstal Asterisk dengan mudah. Pastikan kamu mengunduh Asterisk yang sesuai dengan sistem operasi yang kamu gunakan di dalam virtual machine dan mengkonfigurasi Asterisk dengan benar agar Asterisk bisa berjalan dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang belajar tentang VoIP.

Related video of Cara Instal Asterisk di VirtualBox untuk Pemula