web analytics

Cara Install ISPConfig

Cara Install IspconfigSource: bing.com
Assalamu’alaykum Sobat PortalTekno! Apakah kamu sedang mencari cara untuk menginstall ISPConfig? ISPConfig atau Internet Service Provider Configuration merupakan software open source yang berguna untuk mengelola server web. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara install ISPConfig. Yuk, disimak artikelnya sampai selesai!

Persiapan Sebelum Menginstall ISPConfig

Sebelum memulai proses instalasi, ada beberapa persiapan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Pertama, pastikan bahwa kamu memiliki akses root ke server. Kedua, pastikan bahwa sistem operasi yang digunakan sudah terinstall Apache, MySQL, dan PHP. Ketiga, pastikan juga bahwa server kamu terhubung dengan internet dan sudah terinstall update terbaru. Jika semua persiapan sudah dilakukan, maka kamu siap memulai instalasi ISPConfig.

Langkah Pertama: Menambahkan Repositori ISPConfig

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menambahkan repositori ISPConfig pada server kamu. Caranya adalah dengan mengetikkan perintah berikut di terminal:

sudo wget -O – https://get.ispconfig.org | sh -s — –git-install

Setelah itu, kamu akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini:[INSERT IMAGE]

Langkah Kedua: Konfigurasi Database MySQL

Setelah menambahkan repositori ISPConfig, langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi database MySQL. Caranya adalah dengan membuat database baru dan membuat pengguna dengan hak akses penuh ke database tersebut. Berikut adalah perintah yang harus kamu ketikkan di terminal:

mysql -u root -p

CREATE DATABASE ispconfig;

GRANT ALL PRIVILEGES ON ispconfig.* TO ‘ispconfig’@’localhost’ IDENTIFIED BY ‘password’;

TRENDING🔥  Cara Potong Foto di HP dengan Mudah

FLUSH PRIVILEGES;

exit;

Pastikan untuk mengganti kata ‘password’ dengan password yang ingin kamu gunakan.

Langkah Ketiga: Menjalankan Installer ISPConfig

Setelah melakukan konfigurasi database MySQL, langkah selanjutnya adalah menjalankan installer ISPConfig. Caranya adalah dengan mengetikkan perintah berikut di terminal:

cd /tmp/ispconfig3_install/install

php -q install.php

Setelah itu, kamu akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini:[INSERT IMAGE]

Langkah Keempat: Konfigurasi ISPConfig

Setelah menjalankan installer ISPConfig, langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi. Pada tahap ini, kamu akan diminta untuk memasukkan beberapa informasi seperti hostname server, IP address, dan lain-lain. Pastikan untuk mengisi informasi tersebut dengan benar. Setelah itu, kamu akan diminta untuk memilih jenis konfigurasi yang ingin kamu gunakan. Pilihlah opsi yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Langkah Kelima: Selesai

Setelah melakukan konfigurasi, kamu akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini:[INSERT IMAGE]Selamat, kamu sudah berhasil menginstall ISPConfig di server kamu! Sekarang kamu bisa mulai mengelola server web kamu dengan mudah menggunakan ISPConfig.

Kesimpulan

Demikianlah panduan lengkap tentang cara install ISPConfig. Proses instalasi tidak terlalu sulit asalkan kamu sudah melakukan persiapan dengan benar. Pastikan juga untuk mengikuti setiap langkah dengan seksama agar tidak terjadi kesalahan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Terima kasih telah membaca, Sobat PortalTekno!

Related video of Cara Install ISPConfig