Cara Install Python Di Visual Studio CodeSource: bing.com

Assalamualaikum Sobat PortalTekno

Python adalah bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, baik itu dalam bidang web development, data science, atau machine learning. Python juga sangat populer dan banyak digunakan oleh para developer di seluruh dunia. Nah, jika kamu ingin mulai belajar Python, salah satu langkah awal yang harus kamu lakukan adalah menginstall Python di dalam Visual Studio Code. Berikut adalah cara install Python di Visual Studio Code.

Pertama-tama, pastikan kamu sudah menginstall Visual Studio Code di laptop atau komputer kamu. Jika belum, kamu bisa undoeh terlebih dahulu di situs resmi Visual Studio Code.

Selanjutnya, kita akan menginstall Python di dalam Visual Studio Code. Buka Visual Studio Code dan klik tombol Extensions di sebelah kiri. Kemudian, ketikkan Python di kotak pencarian dan klik tombol Install untuk menginstall Python di dalam Visual Studio Code.

Selanjutnya, setelah selesai menginstall Python di dalam Visual Studio Code, kita perlu memastikan bahwa Python sudah terpasang dengan benar. Untuk memastikan hal ini, buka terminal di dalam Visual Studio Code dan ketikkan perintah “python –version”. Jika Python sudah terpasang dengan benar, maka akan muncul versi Python yang kamu install.

Setelah Python berhasil terpasang di dalam Visual Studio Code, kamu bisa mulai membuat file Python dan menulis script Python di dalam Visual Studio Code. Untuk membuat file baru, klik tombol File di pojok kiri atas dan pilih New File. Kemudian, beri nama file dengan ekstensi .py (contoh: hello.py) dan mulai menulis script Python kamu di dalam file tersebut.

TRENDING🔥  Cara Merekam Video Bigo Live di Android

Jika kamu ingin mengeksekusi script Python kamu, kamu bisa menggunakan terminal di dalam Visual Studio Code. Buka terminal dan ketikkan perintah “python nama_file.py” (contoh: python hello.py) untuk mengeksekusi script Python kamu.

Selain itu, di dalam Visual Studio Code juga terdapat fitur debugging yang sangat berguna untuk membantu kamu menemukan dan memperbaiki kesalahan di dalam script Python kamu. Fitur debugging ini bisa kamu temukan di sebelah kiri bawah Visual Studio Code.

Selain Python, di dalam Visual Studio Code juga tersedia banyak ekstensi dan plugin yang bisa membantu kamu dalam mengembangkan aplikasi atau program dengan Python. Beberapa ekstensi dan plugin yang bisa kamu install di Visual Studio Code antara lain:

  • Python Docstring Generator: untuk membuat docstring pada script Python kamu.
  • Python Indent: untuk membantu kamu dalam mengatur indent pada script Python kamu.
  • Python Test Explorer: untuk menjalankan dan mengatur unit testing pada script Python kamu.

Terakhir, itulah cara install Python di Visual Studio Code. Jangan lupa untuk selalu memperbarui Python dan Visual Studio Code kamu agar selalu mendapatkan fitur terbaru dan terbaik dari kedua aplikasi tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin mulai belajar Python di dalam Visual Studio Code.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara install Python di dalam Visual Studio Code. Setelah kamu menginstall Python di dalam Visual Studio Code, kamu bisa mulai menulis script Python dan mengeksekusinya di dalam Visual Studio Code. Selain itu, di dalam Visual Studio Code juga terdapat banyak ekstensi dan plugin yang bisa membantu kamu dalam mengembangkan aplikasi atau program dengan Python. Jangan lupa untuk selalu memperbarui Python dan Visual Studio Code kamu agar selalu mendapatkan fitur terbaru dan terbaik dari kedua aplikasi tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin mulai belajar Python di dalam Visual Studio Code. Wassalamualaikum Sobat PortalTekno.

TRENDING🔥  Cara Mengatasi Masalah "Phone Storage Full" di HP Oppo

Related video of Cara Install Python di Visual Studio Code

Categorized in:

Tutorial,

Last Update: 2 April 2023