web analytics

Cara Membuat XAMPP Auto Start di Windows 10

Assalamu’alaikum Sobat PortalTekno! Bagi Anda yang sering menggunakan XAMPP sebagai platform pengembangan web, pasti pernah mengalami kesulitan saat harus menjalankannya secara manual setiap kali memulai komputer. Nah, pada artikel kali ini, kami akan memberikan tutorial tentang cara membuat XAMPP auto start di Windows 10. Yuk, simak selengkapnya!

Persiapan

Sebelum memulai tutorial, pastikan Anda sudah memiliki XAMPP dan sudah terinstal di komputer Anda. Selain itu, pastikan juga bahwa Anda memiliki hak akses administrator pada komputer tersebut.

Langkah Pertama: Membuka Task Scheduler

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka Task Scheduler. Anda dapat membuka Task Scheduler dengan mengetikkan “Task Scheduler” pada kolom pencarian di Start Menu.Setelah terbuka, klik “Create Task” pada sisi kanan jendela Task Scheduler.

Langkah Kedua: Memberi Nama dan Deskripsi Task

Pada jendela “Create Task”, beri nama pada task yang akan Anda buat. Misalnya, “XAMPP Auto Start”. Selanjutnya, pada kolom “Description”, Anda dapat memberikan deskripsi tentang task tersebut.

Langkah Ketiga: Menentukan Trigger

Selanjutnya, pada tab “Triggers”, klik “New” untuk menambahkan trigger baru. Pada bagian “Begin the task”, pilih “At log on” untuk menjalankan task saat pengguna masuk ke dalam sistem.

Langkah Keempat: Menentukan Action

Selanjutnya, pada tab “Actions”, klik “New” untuk menambahkan action baru. Pada kolom “Program/script”, ketikkan alamat file “xampp-control.exe” yang terletak di dalam folder XAMPP.Selanjutnya, pada kolom “Add arguments”, ketikkan “start” untuk menjalankan XAMPP saat task dijalankan.

TRENDING🔥  Cara Transfer Data dari HP Xiaomi ke Komputer

Langkah Kelima: Menentukan Conditions

Pada tab “Conditions”, pastikan opsi “Start the task only if the computer is on AC power” tidak dicentang. Hal ini akan memastikan bahwa task akan dijalankan bahkan jika komputer sedang menggunakan baterai.

Langkah Keenam: Menentukan Settings

Pada tab “Settings”, pastikan opsi “Allow task to be run on demand” dicentang. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk menjalankan task secara manual jika diperlukan.Setelah itu, klik “OK” untuk menyimpan task yang telah dibuat.

Langkah Ketujuh: Memeriksa Task

Sekarang, task sudah dibuat dan siap untuk dijalankan. Untuk memeriksa task, Anda dapat mengeklik “Task Scheduler Library” pada sidebar Task Scheduler dan mencari task yang telah dibuat.Jika task telah muncul, Anda dapat mencoba menjalankannya secara manual dengan mengklik kanan task tersebut dan memilih “Run”.

Kesimpulan

Itulah tutorial tentang cara membuat XAMPP auto start di Windows 10. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda tidak perlu lagi menjalankan XAMPP secara manual setiap kali memulai komputer. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk selalu mengikuti PortalTekno untuk mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan internet. Terima kasih sudah membaca!

Related video of Cara Membuat XAMPP Auto Start di Windows 10