web analytics

Cara Mengembalikan Data Hardisk yang Terformat Saat Instal Ulang

Cara Mengembalikan Data Hardisk Yang Terformat Saat Instal UlangSource: bing.com

Assalamualaikum Sobat PortalTekno! Mengalami kehilangan data di hardisk saat instal ulang komputer memang sangat menyebalkan. Namun jangan khawatir, karena di artikel ini akan membahas cara mengembalikan data yang terformat tersebut.

Sebelum kita masuk ke metodenya, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan format hardisk. Format hardisk adalah proses penghapusan seluruh data yang ada di dalamnya dan mengembalikan hardisk ke kondisi awal saat keluar dari pabrik. Dalam proses instal ulang, hardisk biasanya diformat terlebih dahulu untuk menghapus seluruh data yang ada di dalamnya.

Cara Pertama: Menggunakan Software Recovery

Metode pertama yang dapat digunakan untuk mengembalikan data hardisk yang terformat adalah dengan menggunakan software recovery. Ada banyak sekali software recovery yang tersedia di internet, seperti Recuva, EaseUS, atau Disk Drill. Anda hanya perlu mengunduh dan menginstal salah satu software tersebut, dan ikuti langkah-langkahnya untuk melakukan proses recovery.

Namun perlu diingat, tidak semua data dapat dikembalikan dengan software recovery. Hal ini tergantung dari seberapa lama data tersebut terhapus, serta seberapa sering hardisk digunakan setelah terformat. Semakin lama data terhapus dan semakin sering hardisk digunakan, semakin kecil kemungkinan untuk dapat mengembalikan data tersebut.

Cara Kedua: Menggunakan Command Prompt

Jika Anda tidak ingin menggunakan software recovery, Anda juga dapat mengembalikan data hardisk yang terformat dengan menggunakan Command Prompt. Caranya adalah dengan membuka Command Prompt sebagai administrator, kemudian ketikkan perintah “chkdsk /f X:” (tanpa tanda kutip), dengan X adalah huruf drive hardisk yang terformat. Setelah itu, tunggu prosesnya selesai.

Perintah ini akan membantu memperbaiki kerusakan file system pada hardisk Anda, sehingga data yang sebelumnya terformat dapat ditemukan kembali. Namun perlu diingat, cara ini tidak dapat mengembalikan seluruh data yang terformat, hanya sebagian saja.

TRENDING🔥  Aplikasi Penghemat Baterai Xiaomi: Solusi Hemat Daya Ponselmu

Cara Ketiga: Menggunakan Jasa Recovery Data

Jika metode-metode di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan jasa recovery data. Jasa ini biasanya ditawarkan oleh perusahaan yang memiliki teknologi dan peralatan khusus untuk mengembalikan data yang hilang atau terformat. Namun, jasa ini biasanya memiliki harga yang cukup mahal.

Jadi, sebaiknya Anda menggunakan jasa recovery data hanya jika data yang hilang sangat penting dan tidak dapat ditemukan kembali dengan metode-metode di atas.

Kesimpulan

Mengembalikan data hardisk yang terformat saat instal ulang memang bisa menjadi tugas yang sulit. Namun, dengan menggunakan metode-metode di atas, Anda masih memiliki peluang untuk mengembalikan data tersebut. Sebaiknya lakukan backup data secara rutin dan hindari melakukan instal ulang komputer jika tidak diperlukan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat PortalTekno yang sedang mengalami masalah dengan data hardisk yang terformat. Terima kasih telah membaca!

Related video of Cara Mengembalikan Data Hardisk yang Terformat Saat Instal Ulang