Hello, Sobat Tekno!

Keyboard laptop adalah salah satu perangkat input yang paling penting di komputer kita. Namun, ada kalanya kita perlu menonaktifkan keyboard laptop untuk beberapa alasan tertentu, seperti ketika keyboard rusak atau ketika kita menggunakan keyboard eksternal. Nah, pada artikel kali ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menonaktifkan keyboard laptop di Windows 10.

Sebelum kita membahas tentang cara menonaktifkan keyboard laptop di Windows 10, ada baiknya kita mengetahui beberapa alasan mengapa kita perlu menonaktifkan keyboard laptop. Pertama, jika keyboard laptop rusak atau mengalami masalah, kita mungkin perlu menonaktifkannya dan menghubungkan keyboard eksternal sebagai alternatif. Kedua, jika kita menggunakan keyboard eksternal, kita mungkin perlu menonaktifkan keyboard laptop agar tidak mengganggu kenyamanan kita dalam mengetik.

Jika Anda ingin menonaktifkan keyboard laptop di Windows 10, Anda dapat mengikuti beberapa langkah sederhana berikut:

1. Melalui Device Manager

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuka Device Manager. Anda dapat membuka Device Manager dengan menekan tombol Windows + X pada keyboard, kemudian memilih opsi Device Manager dari menu yang muncul.

Setelah membuka Device Manager, cari dan klik pada opsi “Keyboards” untuk memperluas daftar keyboard yang terhubung ke komputer. Kemudian, klik kanan pada keyboard laptop Anda dan pilih opsi “Disable” untuk menonaktifkan keyboard tersebut.

2. Melalui Settings

Langkah kedua adalah melalui pengaturan (Settings). Anda dapat membuka pengaturan dengan menekan tombol Windows + I pada keyboard, kemudian memilih opsi “Devices” dari menu yang muncul.

TRENDING🔥  Cara Reset HP Samsung Tab: Solusi Mudah untuk Mengatasi Masalah

Selanjutnya, klik pada opsi “Typing” di sisi kiri halaman, kemudian gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Advanced keyboard settings”. Setelah itu, klik pada opsi “Override keyboard shortcuts” dan pilih opsi “On” untuk menonaktifkan keyboard laptop Anda.

3. Menggunakan Third-party Software

Jika cara-cara di atas tidak berhasil atau terlalu rumit untuk Anda, Anda dapat menggunakan third-party software untuk menonaktifkan keyboard laptop di Windows 10. Ada banyak software yang tersedia di internet yang dapat membantu Anda dalam menonaktifkan keyboard laptop.

Salah satu software yang direkomendasikan adalah “KeyFreeze”. Software ini sangat mudah digunakan dan dapat menonaktifkan keyboard laptop Anda dalam waktu singkat. Setelah Anda menginstal dan menjalankan software ini, keyboard laptop Anda akan otomatis terkunci.

Namun, perlu diingat bahwa menggunakan software pihak ketiga dapat menimbulkan risiko keamanan dan dapat merusak sistem operasi Anda jika tidak digunakan dengan benar. Oleh karena itu, pastikan Anda menginstal software hanya dari sumber yang terpercaya dan melakukan backup data sebelum menginstalkan software tersebut.

4. Menggunakan Group Policy Editor

Langkah terakhir yang dapat Anda coba adalah menggunakan Group Policy Editor. Namun, cara ini hanya berlaku untuk pengguna Windows 10 Pro atau Enterprise. Jika Anda menggunakan Windows 10 Home, Anda tidak dapat menggunakan Group Policy Editor.[the_ad id=”736″]

Untuk menggunakan Group Policy Editor, buka “Run” dengan menekan tombol Windows + R pada keyboard, kemudian ketik “gpedit.msc” dan tekan enter. Setelah itu, cari opsi “Computer Configuration” dan klik pada opsi “Administrative Templates”. Selanjutnya, cari opsi “System” dan klik pada opsi “Device Installation”.

Kemudian, cari opsi “Prevent installation of devices not described by other policy settings” dan klik pada opsi tersebut. Setelah itu, pilih opsi “Enabled” dan klik pada opsi “Apply” dan “OK” untuk menyimpan perubahan.

TRENDING🔥  Cara Memprogram TV Polytron Tabung dengan Mudah

Dengan cara ini, keyboard laptop Anda akan dinonaktifkan dan tidak akan muncul di daftar perangkat di komputer Anda.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menonaktifkan keyboard laptop di Windows 10. Anda dapat memilih cara mana yang paling mudah dan cocok untuk Anda. Namun, pastikan Anda melakukan backup data sebelum mencoba cara-cara tersebut dan gunakan dengan benar untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Categorized in:

Tutorial, Windows,

Last Update: 31 March 2023