web analytics

Cara Pasang Splitter TV Kabel

Assalamuā€™alaikum Sobat PortalTekno! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara pasang splitter tv kabel. Splitter tv kabel merupakan alat yang digunakan untuk membagi sinyal tv kabel ke beberapa televisi sekaligus. Dengan menggunakan splitter tv kabel, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli perangkat tv kabel tambahan. Nah, berikut adalah cara pasang splitter tv kabel yang bisa Anda praktikkan sendiri di rumah.

Persiapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai, pastikan Anda sudah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, antara lain splitter tv kabel, kabel koaksial, connector F, gunting, dan obeng. Pastikan juga Anda sudah memilih splitter tv kabel yang sesuai dengan kebutuhan Anda, baik dari segi jumlah output maupun kualitasnya.

Langkah Pertama: Hubungkan Kabel Koaksial ke Splitter

Setelah semua alat dan bahan sudah disiapkan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghubungkan kabel koaksial ke splitter. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memasukkan ujung kabel koaksial ke salah satu input pada splitter. Pastikan kabel koaksial sudah terpasang dengan rapat dan tidak goyah.

Langkah Kedua: Pasang Connector F pada Kabel Koaksial

Setelah itu, langkah kedua yang harus dilakukan adalah memasang connector F pada ujung kabel koaksial yang lain. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memasukkan ujung kabel koaksial ke dalam connector F dan memutar searah jarum jam hingga kencang.

Langkah Ketiga: Hubungkan Kabel Koaksial ke Output Splitter

Setelah connector F terpasang dengan rapat, langkah selanjutnya adalah menghubungkan kabel koaksial tersebut ke output pada splitter. Pilih salah satu output pada splitter dan sambungkan ujung kabel koaksial yang sudah terpasang connector F ke output tersebut.

TRENDINGšŸ”„  Cara Cas HP Baterai Tanam yang Efektif dan Mudah

Langkah Keempat: Pasang Kabel Koaksial pada Televisi

Sampai pada tahap ini, splitter tv kabel sudah terpasang dan siap digunakan. Namun, sebelum itu pastikan terlebih dahulu semua kabel koaksial yang akan digunakan sudah terpasang dengan rapat. Langkah selanjutnya adalah memasang kabel koaksial pada televisi. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memasukkan ujung kabel koaksial ke port yang disediakan pada televisi.

Langkah Kelima: Uji Sinyal Televisi

Setelah semua kabel terpasang dengan rapat, langkah terakhir adalah menguji sinyal televisi. Nyalakan televisi dan lakukan scanning channel. Jika sinyal televisi muncul dengan jelas, itu artinya splitter tv kabel sudah terpasang dengan benar dan siap digunakan.

Kesimpulan

Itulah cara pasang splitter tv kabel yang bisa Anda praktikkan sendiri di rumah. Dengan menggunakan splitter tv kabel, Anda bisa membagi sinyal tv kabel ke beberapa televisi sekaligus tanpa perlu membeli perangkat tv kabel tambahan. Pastikan Anda sudah menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan dan mengikuti langkah-langkahnya dengan benar. Semoga bermanfaat!

Related video of Cara Pasang Splitter TV Kabel