web analytics

Cara Setting Pengecualian di Windows Defender Windows 10

Assalamualaikum Sobat PortalTekno! Ingin tahu bagaimana caranya setting pengecualian di Windows Defender Windows 10? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Sebagai pengguna Windows 10, mungkin kita sering mengalami masalah dengan antivirus bawaan Windows Defender. Terkadang, program atau file yang kita anggap aman malah dianggap sebagai ancaman oleh Windows Defender. Hal ini tentu sangat mengganggu, terutama jika kita berurusan dengan program yang memang kita butuhkan.

Nah, salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan setting pengecualian pada Windows Defender. Bagaimana caranya? Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Windows Defender

Pertama-tama, buka Windows Defender dengan cara klik Start dan ketik “Windows Defender” pada kolom pencarian. Setelah itu, klik Windows Defender Security Center.

Langkah 2: Pilih Menu Virus & threat protection

Pada jendela Windows Defender Security Center, pilih menu Virus & threat protection. Kemudian, klik menu Virus & threat protection settings.

Langkah 3: Pilih Menu Add or remove exclusions

Pada menu Virus & threat protection settings, pilih menu Add or remove exclusions. Di sini lah kita bisa melakukan setting pengecualian pada Windows Defender.

Langkah 4: Tambahkan eksklusi

Untuk menambahkan eksklusi, klik Add an exclusion dan pilih jenis eksklusi yang ingin kita tambahkan. Ada beberapa jenis eksklusi yang bisa kita tambahkan, seperti File, Folder, dan Process. Pilih jenis eksklusi yang sesuai dengan kebutuhan kita.

TRENDING🔥  Aplikasi Google Foto: Membuat Penyimpanan Foto Lebih Mudah dan Aman!

Setelah itu, tentukan lokasi file atau folder yang ingin kita tambahkan sebagai eksklusi. Klik tombol Select Folder atau Select File untuk memilih lokasi file atau folder tersebut. Jika sudah selesai, klik tombol Add exclusion untuk menyimpan pengaturan eksklusi.

Langkah 5: Selesai

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, proses setting pengecualian di Windows Defender Windows 10 sudah selesai. Kini, file atau folder yang kita tambahkan sebagai eksklusi tidak akan dianggap sebagai ancaman oleh Windows Defender. Kita bisa menggunakannya tanpa gangguan.

Itulah tadi cara setting pengecualian di Windows Defender Windows 10 yang bisa Sobat PortalTekno terapkan. Dengan melakukan setting pengecualian ini, kita bisa meminimalisir masalah dengan Windows Defender dan memastikan program atau file yang kita butuhkan tetap bisa berjalan dengan lancar.

Jangan lupa, terapkan setting pengecualian hanya untuk file atau folder yang benar-benar kita percayai. Jangan sampai kita memberikan akses ke file atau folder yang sebenarnya berbahaya.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu Sobat PortalTekno dalam mengatasi masalah dengan Windows Defender. Jangan lupa untuk terus mengikuti PortalTekno untuk mendapatkan berbagai informasi menarik seputar teknologi dan internet.

Salam Teknologi dari PortalTekno!

Related video of Cara Setting Pengecualian di Windows Defender Windows 10