web analytics

Cara Undoeh Jurnal yang Terkunci

Mengatasi Kesulitan Undoeh Jurnal Terkunci

Hello Sobat Tekno, pasti kamu sering mencari referensi jurnal untuk menunjang keperluan akademik, bukan? Namun, terkadang kamu menemukan jurnal yang terkunci dan tidak bisa diakses secara gratis. Nah, kali ini kami akan memberikan tips dan trik cara undoeh jurnal yang terkunci.

Kunci jurnal biasanya berupa kata sandi yang hanya diketahui oleh pihak tertentu, seperti penerbit atau penulis. Namun, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan akses ke jurnal yang terkunci tersebut.

1. Mencari di Mesin Pencari Alternatif

Kamu bisa mencari jurnal yang sama atau serupa di mesin pencari alternatif seperti Google Scholar, ResearchGate, atau Academia. Terkadang jurnal yang terkunci di suatu situs bisa ditemukan secara gratis di situs lain.

2. Menghubungi Penulis atau Penerbit

Kamu bisa mencoba menghubungi penulis atau penerbit jurnal untuk meminta akses atau salinan jurnal yang kamu butuhkan. Namun, cara ini tidak selalu berhasil karena beberapa penulis atau penerbit mungkin tidak memberikan akses secara gratis.

3. Menggunakan Situs Penyedia Jurnal Gratis

Terdapat beberapa situs penyedia jurnal gratis yang bisa kamu coba, seperti Sci-Hub atau Library Genesis. Namun, kamu perlu berhati-hati karena tidak semua situs penyedia jurnal gratis memiliki legalitas yang jelas dan bisa melanggar hak cipta.

4. Menggunakan VPN atau Proxy

Kamu bisa menggunakan VPN atau proxy untuk mengakses jurnal yang terkunci. VPN atau proxy bisa mengubah lokasi IP kamu sehingga kamu bisa mengakses jurnal yang terkunci dari luar negeri atau wilayah lain.

TRENDING🔥  Cara Mendapatkan Saldo Dana Gratis 2021 Tanpa Aplikasi

Cara Undoeh Jurnal yang Terkunci

Kenapa Jurnal Terkunci?

Hello Sobat Tekno, jika kamu merupakan seorang mahasiswa atau peneliti, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah jurnal. Jurnal merupakan salah satu sumber informasi yang sangat penting dalam menunjang kualitas penelitian. Namun, tidak jarang kita menemukan jurnal yang terkunci dan tidak dapat diakses secara gratis. Jurnal yang terkunci biasanya diterbitkan oleh penerbit terkemuka dan dijual dengan harga yang cukup mahal. Hal ini tentu menjadi kendala bagi kita yang membutuhkan informasi tersebut. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas cara undoeh jurnal yang terkunci secara gratis.

Cara Undoeh Jurnal yang Terkunci

Untuk mengatasi jurnal yang terkunci, kita bisa memanfaatkan beberapa cara berikut ini:

1. Menggunakan Situs Penyedia Jurnal Gratis

Terdapat beberapa situs yang menyediakan jurnal gratis dan dapat diakses secara online. Salah satunya adalah Directory of Open Access Journals (DOAJ). DOAJ menyediakan lebih dari 14 ribu jurnal yang dapat diakses secara gratis. Selain itu, ada juga situs Sci-Hub yang menyediakan lebih dari 85 juta artikel jurnal dan bisa diakses secara gratis.

2. Melalui Perpustakaan

Cara lain yang bisa kita coba adalah dengan mengunjungi perpustakaan perguruan tinggi atau institusi penelitian. Perpustakaan biasanya memiliki akses ke berbagai jurnal terkunci yang dapat diakses oleh para pengunjung perpustakaan. Namun, kamu perlu menjadi anggota perpustakaan terlebih dahulu untuk mendapatkan akses ke jurnal-jurnal tersebut.

3. Menghubungi Penulis Artikel

Cara lainnya adalah dengan menghubungi penulis artikel langsung. Biasanya penulis artikel memiliki akses ke jurnal-jurnal terkunci dan dapat memberikan akses kepadamu secara gratis atau dengan harga yang lebih murah.

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa cara undoeh jurnal yang terkunci. Dengan memanfaatkan cara-cara tersebut, kita dapat mengakses informasi yang kita butuhkan tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Namun, tetaplah memperhatikan hak cipta dan etika dalam penggunaan jurnal. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu semua. Sampai jumpa di artikel menarik berikutnya!

TRENDING🔥  Cara Memindahkan Email ke HP Baru