web analytics

Cara Mengatasi Windows Boot Manager Error 0xc00000e

Assalamu’alaikum Sobat PortalTekno!

Windows Boot Manager Error 0xc00000e adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna Windows. Masalah ini muncul ketika Anda mencoba untuk memuat sistem operasi pada komputer Anda, tetapi komputer gagal untuk memuat sistem operasi tersebut.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan masalah ini muncul, seperti kerusakan pada hard disk, kerusakan pada file sistem, atau masalah dengan boot record. Namun, jangan khawatir! Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini.

Cara Mengatasi Windows Boot Manager Error 0xc00000e

1. Lakukan Perbaikan pada Boot Record

Boot record adalah bagian dari hard disk yang digunakan untuk memuat sistem operasi. Jika boot record rusak, maka komputer tidak akan dapat memuat sistem operasi. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat melakukan perbaikan pada boot record dengan menggunakan perintah “bootrec /fixmbr” dan “bootrec /fixboot” pada command prompt.

2. Periksa Kondisi Hard Disk

Kerusakan pada hard disk juga dapat menyebabkan masalah ini muncul. Untuk memeriksa kondisi hard disk, Anda dapat menggunakan perintah “chkdsk” pada command prompt. Perintah ini akan memeriksa kesalahan pada hard disk dan memperbaikinya jika diperlukan.

3. Gunakan Fitur Startup Repair

Windows memiliki fitur Startup Repair yang dapat digunakan untuk memperbaiki masalah pada boot manager. Untuk menggunakan fitur ini, Anda dapat memulai komputer Anda dari DVD instalasi Windows atau dari USB flash drive yang berisi media instalasi Windows.

4. Reinstall Sistem Operasi

Jika semua cara di atas tidak berhasil, mungkin satu-satunya cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan reinstall sistem operasi. Pastikan Anda melakukan backup terlebih dahulu sebelum melakukan reinstall sistem operasi.

TRENDING🔥  Cara Mendapatkan Hp Vivo V15 Gratis dengan Mudah

Kesimpulan

Windows Boot Manager Error 0xc00000e dapat menjadi masalah yang cukup menjengkelkan, tetapi dengan melakukan beberapa cara yang telah disebutkan di atas, masalah ini dapat diatasi. Jangan lupa untuk melakukan backup terlebih dahulu sebelum melakukan perbaikan atau reinstall sistem operasi.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat PortalTekno yang sedang mengalami masalah Windows Boot Manager Error 0xc00000e. Terima kasih telah membaca artikel ini. Wassalamu’alaikum!

Related video of Cara Mengatasi Windows Boot Manager Error 0xc00000e