Assalamualaikum Sobat Tekno, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara reset v belt pada motor Yamaha Nmax. Bagi para pengguna motor Nmax, tentu sudah tidak asing lagi dengan masalah yang sering terjadi pada motor ini yaitu keausan pada v belt. Namun, masalah tersebut dapat diatasi dengan melakukan reset v belt. Berikut adalah cara reset v belt Nmax yang dapat Sobat Tekno lakukan sendiri.

Apa itu V Belt?

Sebelum kita membahas tentang cara reset v belt Nmax, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu v belt. V belt adalah sabuk penggerak yang terbuat dari bahan karet dan digunakan untuk menggerakkan roda atau puli pada motor. Fungsinya sangat penting untuk menggerakkan motor dan biasanya memiliki umur pakai yang cukup lama.

Namun, karena sering digunakan, v belt dapat mengalami keausan dan menjadi kendur, sehingga perlu dilakukan reset agar kembali berfungsi dengan baik.

Cara Reset V Belt Nmax

Berikut adalah cara reset v belt Nmax yang dapat Sobat Tekno lakukan sendiri:

Pertama-tama, matikan mesin motor dan angkat bagian belakang motor sehingga roda belakang terangkat dari tanah.

Lepaskan cover CVT pada motor Nmax dengan menggunakan obeng atau kunci sok.

Setelah cover CVT terbuka, perhatikan kondisi v belt. Jika terlihat kotor atau aus, sebaiknya diganti terlebih dahulu sebelum melakukan reset.

Setelah memastikan v belt dalam kondisi baik, putar roda belakang perlahan searah jarum jam hingga v belt naik ke atas pada bagian depan puli.

Setelah v belt berada pada posisi yang diinginkan, lepaskan rem belakang dan putar roda belakang perlahan searah jarum jam kembali.

TRENDINGšŸ”„  Aplikasi Letter C Desa

Sambil memutar roda belakang, tekan rem belakang dan putar gas motor hingga 5-6 ribuan RPM.

Lakukan langkah tersebut sebanyak 5-6 kali hingga v belt kembali normal dan terasa kencang.

Terakhir, pasang kembali cover CVT dengan menggunakan obeng atau kunci sok.

Pentingnya Melakukan Reset V Belt

Mengapa kita perlu melakukan reset v belt pada motor Nmax? Sebenarnya, v belt pada motor Nmax biasanya memiliki masa pakai yang cukup lama, namun penggunaan yang kasar atau terlalu berlebihan dapat mempercepat keausan pada v belt. Jika keausan pada v belt tidak segera diatasi, maka dapat mempengaruhi performa motor Nmax dan dapat mengurangi daya tahan v belt.

Oleh karena itu, dengan melakukan reset v belt secara teratur, maka v belt akan kembali berfungsi dengan baik dan dapat meningkatkan daya tahan motor Nmax.

Kesimpulan

Demikianlah cara reset v belt pada motor Yamaha Nmax yang dapat Sobat Tekno lakukan sendiri. Selain itu, perlu diingat bahwa v belt pada motor Nmax perlu dijaga dan dirawat dengan baik agar dapat berfungsi dengan baik dan awet. Jangan lupa untuk mengganti v belt jika sudah terlihat kotor atau aus.

Dalam melakukan reset v belt, pastikan juga untuk melakukan dengan hati-hati dan teliti agar tidak terjadi kerusakan pada motor Nmax. Jika Sobat Tekno merasa kesulitan atau tidak yakin dalam melakukan reset v belt, sebaiknya bawa motor ke bengkel resmi Yamaha untuk mendapatkan perawatan yang lebih profesional.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Tekno yang ingin melakukan reset v belt pada motor Yamaha Nmax. Jangan lupa untuk selalu menjaga dan merawat motor Nmax dengan baik agar dapat berfungsi dengan baik dan awet. Terima kasih telah membaca artikel ini, Assalamualaikum.

TRENDINGšŸ”„  Cara Menghilangkan Gambar Headset di HP Xiaomi

Categorized in:

Tutorial,

Last Update: 31 March 2023